Capeknya Merancang Pabrik! (Part #2)


banting tulang!

ini adalah episode kedua dari cerita Capeknya merancang Pabrik! :lol:

Sudah lah ya urusan ngeluh-mengeluhnya…(ngeluh terus soalnya gw!) Pokoknya di mata kuliah super duper melelahkan. Titik!! Tapi, pasti penasaran kan gimana sih capeknya merancang pabik itu? Apa aja sih emang yang di rancang? Mungkin yang dari jurusan lain juga nge-claim kalau rancang pabriknya lebih susah,,,trus bangga lagi! Kalau gw sih biasa aja. Apa sih yang mau dibanggain? Ni cuma ngasih tahu aja kalau untuk urusan besar seperti Rancang Pabrik itu kita harus menyiapkan strategi khusus dari awal. Think Smart lah…jangan kaya gw. :D . Gw juga sudah think smart sih, cuma keadaannya yang memaksa saya harus kerja rodi hampir tiap hari… Oke deh, ini gw kasih tahu urutan pengerjaannya , silakan temukan bedanya dan rasakan bagaimana susahnya saat berada di kondisi itu.

BAB I Tinjauan Pustaka

Topiknya sudah ditentukan oleh pembimbing. Kita tinggal mencari literatur tambahan mengenai cara produksinya dan paten-paten yang terkait. Perhitungan harga pokok penjualan, dll. Dikasih waktu dua minggu saja. ini tahap paling paling penting. Kalau salah cari literatur maka bisa jadi kita akan menemui kesulitan kedepannya.  Tips: carilah metode produksi yang sesimple mungkin, jangan karena pengen terlihat hi-tech, trus kita cari yg kompleks,,,dodol tuh orang! klo seperti itu,,siap-siap saja anda menderita! Super menderita! Oia, kapasitas produksinya pun harap disesuaikan dengan “man-hour” nya. Kalau jumalah anggota yang ngerjain bisa bersepuluh sih ga masalah naikin produksi ampe berlipat-lipat supaya pabrik kita makin murah. tapi konsekuasinya siap-siap merancang HE sebanyak 20 buah, reaktor 5 biji (udah kaya ngitung kacang aja :) ), bikin plant lay out segede lapangan bola, dan ngitung neraca massa ampe kepala berasa botak (soalnya gak semuanya bisa disimulasi pake HYSYS, kadang ada yang harus manual…(hari gini?).haha.  nah waktu itu gw ngerjain hingga dua unit pabrik. Artinya kalo satu saja, maka baru cuma sampai by product, belom jadi. Harus ada plant tambahan :(

Logo pabrik gw!

Ide pabrik gw bagus banget, mengubah limbah (flare gas) yang jumlahnya sangat banyak jadi hydrogen dan carbon black. Asumsinya si flare gas yg diproduksi Chevron (kebetulan gw pake data-data Chevron) tidak direcovery sama sekali. Aslinya sih sudah direcovery sebagian :P . Tapi oke kok idenya,,,soalnya kita dapet double revenue karena bisa claim CER (certified emision reduction) melalui CDM  (clean development mechanism) bentuk carbon trade gt deh… Bahasa gampangnya bisa jualan CO2 ke negara maju, harganya mahal lagi per ton bisa nyampe 25 USD. Ups sory,,,maksudnya kita bisa claim duit gara2 pabrik kita ga produksi CO2 dari yang seharusnya, dan jatah kita itu dipake ama negara maju… 8)

Oia, setiap kelompok dibebaskan untuk membuat nama pabariknya sendiri-sendiri. Jadinya serasa mengerjakan project betulan. Nama perusahaan gw itu adalah Green Engineering Consultant, a carbon and clean energy expert! Hahay. Ngayal banget! Kenapa namanya seperti itu? Lihat saja dari topiknya,,,sangat ramah lingkungan! Soalnya dapet pembimbing Bu gelang, jadinya dapet topic yang berbau lingkungan…tapi gak bau kok (loh? :shock: )

Bab II Neraca Massa dan Energy

Blok diagram RP

Beberapa hal yang harus dicantumkan di laporan ini adalah deskripsi prosesnya, neraca massa dan energy (ada contoh perhitungannya juga di lampiran—banyak banget malah!), block diagram process, PFD sementara, MSDS dan data-lainnya.  Cukup 63 halaman saja! beruntungnya, I was dealing with gaseous material, jadinya gw bisa pake HYSYS… :wink: Senangnya! Gak kebayang seandainya tidak ada hysys. Tiap unit operasi harus dihitung manual…

Ini Pertama kalinya gw bergadang untuk RP! Gw pikir awalnya itu yang terakhir, ternyata,,,ini menjadi awal dari bergadang di hari2 berikutnya..hoho. kerja yang sangat overload…bisa jadi karena gw terlalu perfectionist, tapi ada factor lainnya sih yang menyebabkan itu terjadi dan nampaknya  tak bisa diceritakan,,,soalnya jadi ghibbah,,hehe.

Bab III A Reaktor (Reactor Design)

reaktor tampak samping

Bener2 mendalam membahas tentang reactor, seeedalam samudra altalntik! Kita harus mencari data kinetika reaksinya (susah bo nyarinya :neutral: ) terutama untuk reaksi-reaksi yang agak jarang digunakan. Kalau kaya pupuk, refinery, itu mah tersedia banyak di literature. Selain itu juga harus menuliskan  dasar2 pemilihan reaktornya, asumsi2 dan justifikasi yang dipakai dan tentunya Spec sheet dan gambar reactor dari berbagai penjuru. Haha. Lengkap kan?? :cool: Dan seperti biasa contoh perhitungan/perancangan.

Sialnya (bisa jadi beruntung juga), reactor yang kita rancang ada 3 reaktor dan salahsatunya  adalah reactor fired heater dipakai untuk special case saja. huhu. Susahnya setengah mampus! Ngitungnya penuh dengan iterasi-iterasi berlipat (ada iterasi dalam iterasi) seperti perhitungan dalam metode Peng-Robinson-Soave yang manual (Termodinamika). Cukup satu minggu saja dan kita berhasil membuatnya dalam 38 halaman!

Bab III B Sistem Pemisahan dan Pencampuran (mixing & separation Equipment)

rotary drier!!

Ini juga benar-benar mendalam tentang sistem pemisahan dan pencampuran. Lagi-lagi ini adalah bagian yang sangat vital di industry process. Kita merancang berbagai alat, ada grinder (micro pulverizer), Pelettizer, Bag house filter, Rotary drier, dan Separator. Untunglah kita tidak harus merancang alat bernama Kolom Distilasi, musuh besar untuk kebanyakan mahasiswa Teknik Kimia! ngerancangnya agak ribet juga. Haha. Setiap alat itu sebetulnya ideal dikerjakan dalam berhari-hari kalau di hari kulaih bisa. Untuk masa-masa RP, hal-hal yg imposibel menjadi possible. Bayangkan saja kita hanya merancang semua alat itu dalam beberapa hari saja, mungkin 2 hari! Oke kan? The power of kepepet nampaknya berkerja baik saat itu. Soalnya kita juga harus membagi waktu dengan urusan lain (kuliah, tugas kuliah, penelitian, dan urusan pribadi)  Jangan bayangkan merancang itu hanya mengambar saja. salah besar! Setiap inch alat yang kita pakai, itu hitungannya sampai berdarah-darah lho :lol: Walaupun tugas para chemical engineer hanya merancang, merancang dan merancang, tapi vital lho…kalau rancangannya salah, ya aplikasinya juga pasti salah. Kita tuh udh kaya otak-nya dari pabrik process…haha. Mulai deh,,,narsis lagi..oke, kita juga cuma dikasih waktu satu minggu untuk emrancang semua itu, dan kita berhasil membuatnya dalam 43 halaman! Kalau versi mahasiswa, makin banyak halaman, berarti makin bagus padahal kalau menurut dosen, semakin banyak, semakin sampah! Haha.

Bab IIIC  Alat Penukar Panas

Heat exchanger!!

Semua yang dirancang di Bab III adalah alat-alat yang sangat vital kebaradaannya di Industri process (gak hanya industry kimia). Selanjutnya yang akan dibicarakan adalah sistem penukar panas.  Heat exchanger yang  kita rancang ada 7 biji (lagi-lagi ngitung seperti kacang :lol: ). Ditambah dengan 6 unit air cooler, ya itu HE juga, tapi media pendiginnya adalah udara. Tahukah, kita merancangnya dalam 1 malam! Almost 24 jam tidak tidur. Saya dan si partner tercinta menghabiskan seminggu hidup di Lab TRK. Sambil running penelitian. Padahal ya, waktu tk.II  kita dikasih tugas merancang HE untuk matakuliah OPK (Operasi Perpindahan Panas – heat transfer) itu 2 minggu. Jadi Tipsnya,,,apapun file perancangan yang sudah di buat di masa kuliah. Jangan dibuang! Kumpulkan, itu sangat kepake buat RP. Memang sih, bisa minta template perhitungan ke orang-orang, tapi kalau buatan sendiri biasanya kita masih kebayang caranya. Dan bisa lebih cepat! Lagi-lagi dikasih waktu seminggu dan kita berhasil membuatnya dalam 51 halaman!

Bab IIID  peralatan Pengaliran Bahan

plant lay out storage area!

Alat vital (ups,,jangan bayangkan yg ‘itu’ :mrgreen: ) selanjutnya adalah peralatan pengaliran bahan yang terdiri dari Blower, Pompa, Kompresor, Pneumatic conveyor, Bucket elevator, Storage tank, Accumulation tank, Silo, dan System perpipaan. Oia, di bagian ini juga kita harus merancang lay out pabrik. Ck.ck.ck..tentunya tidak seperti anak Teknik Industri yang setiap inch dari lay out itu penuh dengan perhitungan. Kita cukup tahu saja, bahwa penempatan alat-alat proses yang benar itu seperti apa, penempatan flare, jaraknya office, jalur evakuasi, muster point, area limbah, dan lain-lain. Beruntunglah punya pembimbing yang baik seperti Bu Gelang, beliau banyak mengarahkan harus seperti apa dari setiap hal yang kita rancang. Ini juga seminggu dan kita berhasil membuatnya dalam 35 halaman!

Bab IIID  Sistem utilitas dan pengolahan limbah

Bab yang relative mudah, hamper tidak ada hitung-menghitung disini. Cuma ngebacot berkualitas saja (nggak ngasal juga, soalnya ma dosen tetep aja ditanya2). Tetap harus make sense dan gak lebay…Serasa liburan deh! Haha. Banyakana kita lihat dari file-file master RP, soalnya kebanyakan itu-itu saja sih kalau untuk bagian ini. Bagian-bagiannya terdiri dari penyediaan air, listrik, udara tekan, pengolahan limbah cair, padat dan gas. Sam seperti yg sebelumnya, 1 minggu saja (1 hari juga bisa sih sebetulnya). Dan kita membuatnya dalam 12 halaman!

Bab IV Sistem Instrumentasi dan Pengendalian Proses

Piping and Instrumentation diagram!!!

Ini dia, salah satu bab yang capeeek banget! (capek bikin lay out tapi! haha :lol: ) Kita bagaikan pindah jurusan teknik Fisika,,haha. Soalnya kita sedikit merancang system pengendalian di pabrik untuk setiap alat. Tentunya tidak sedetil anak FT yang rancang, tapi setidaknya alur logicnya kita harus mengerti.  Untunglah kita tidak mendapatkan pembimbing Pak JS. Seandainya iya, bisa jadi harus merancang pengendalian yang detil seperti running simulink and something like that. Hal yang cukup ribet disin adalah membuat P&ID!! OMG…ternyata lebih mengerikan dibandingkan bikin PFD,,,yaiyalah,,,nenek-nenek jungkir balik juga tahu! Kita menjelaskan system pengendalian di setiap alat, bagaimana temperaturnya dikendalikan supaya aman, laju bahan bakar, tekanan, level cairan, dll. Trus gambarnya. Baru deh setelah semua alat kelar, bikin P&ID itu…nyam-nyam banget lah! Seminggu juga dan 39 halaman!

Bab V Eksekutif Summary

Cumulative Cash flow!!!

Ini dia,,,bab yang paling gw suka! Ya,,economic evaluation! Serasa menemukan mainan baru. Maklum kita-kita sudah sangat bosen dengan rancang-merancang reactor  dan segudang hitungan yang menarik namun memuakkan karena terlalu sering. Betul-betul seperti mendirikan sebuah perusahaan. Menentukan, gaji karyawan, organigram perusahaan, project cashflow, IRR-nya, BEP, analisis sensitivitas, kita menggunakan data yang seungguhnya, ngitung harga alat gak sembarangan ternyata, ada metodenya, kalau yang agak-agak special dan tidak bisa ditentukan dari literature, maka terpaksa cari data di internet, harga produk, raw material, utility cost, bahan bakar, transportasi, dan tek-tek bengek lainnya semuanya harus benar-benar real. Parameter2 economi seperti inflasi, CEPCI (chemical engineering plant cost index), bunga bank, dll,  juga sebisa mungkin menggunakan data yang real…seru kan?

Seru banget ya ternyata hitung-menghitung seperti ini. Seperti hiburan rasanya:lol: Masing-masing kelompok tak jarang saling membandingkan satu dengan yang lainnya tentang laba yang diperoleh. Haha. Seruuuuu…dan tahukan , pabrik gw untungnya berlebihan! Jadi kadang-kadang gak masuk akal juga. IRR 56 %?? Come onnnnnn…gimana bisa? Bisa sih,,,tapi gak ada investor yang percaya hasil segede itu :lol: . Akhirnya karena kita ‘sangat cerdas’, beberapa nilai yang diluar kebiasaan umum berhasil disesuaikan. Hehe. Gw gt loh…IRR= 27 % (cantik kan? :mrgreen: ), BEP 5 tahunan (dr umur project sekitar 20 tahunan), cumulative cashflownya juga terlihat wajar dan cantik.

kita tepar sodara-sodara!!

Finally, kita bikin eksekutif summary dan presentasi yang oke. ada sedikit ulasan tentang profile pabriknya, deskripsi proses singkatnya, pokoknya semua yang sudah kita rancang diringkas dalam beberapa halaman saja. Setiap kelompok rasanya jor-joran bikin ini. Kita semua mengasumsikan akan mempresentasikannya didepan para investor. Bikinnya paling cuma 8 halaman, trus design nya itu loh,,, bener2 super edan, tapi ada juga sih yang biasa aja kaya kelompok gw …. Ngapain dibagus-bagus juga toh gak ada nilai tambahan nampaknya…(cari alasan, padahal mah emang gak sempet aja…)

Yeahhhhhh..selesai merancang pabrik rasanya seperti telah melewati badai catherina campur gempa dan tsunami parah. Enaaaaaak sekali rasanya,,,nikmaaaaat banget :) :) :) . Sekarang tidur bisa nyenyak makan bisa normal (walaupun nafsu makan masih tetep rendah sampai sekarang). Ini jadi salah satu saat-saat yang paling berkesan di kampus. Sungguh karya besar yang sudah kubuat ini, mungkin hasilnya jelek dan hasilnya tidak masuk akal (karya mahasiswa gt loh… :wink: ) tapi gw belajar bnayak dari sini, belajar bagaimana bekerja sama dengan orang, memanfaatkan waktu yg sedikit, menghargai org, menghargai hidup, pentingnya hidup yang balance, dan memanfaatkan setiap kesempatan yang kita punya. that’s why I called it as my masterpiece,,,haha.

See, how hard it made……

10 thoughts on “Capeknya Merancang Pabrik! (Part #2)

  1. haha,,,terima kasih,,,tapi saya gak mau dijambret, gak enak rasanya :lol:

    btw, etoser malang ya ternyata,,,salam kenal ya :)

  2. bgus bgt pngalamannya bg.,.
    skarng aq lgi mncobanya bg.,.lelah.,.
    bgi tips untk mningkatkan nfsu mkan dunk bg.,.hehe

  3. ahaha. betul sekali,,,RP memang melelahkan,,,,tapi berkesan jadinya. nah,,,itu dia, nafsu makan saya pun samapai sekarang belom pulih…berarti mas/mba chemeng ini tipenya mirip saya ya,,,klo stress jadi lupa makan. haha.

  4. Bang boleh minta datanya gak bang? Sekedar utk mempelajari aja bang soalnya mau RP tahun ini.hehehe

  5. hahahaha. file2 kuliah entah berada dimana sekarang. kalau masih ada, mungkin dibagi2,,,,cari yang agak update aja (2013an kesini) biar ‘nendang’. mine was so obsolete :)

  6. Pingback: mengulang kisah, saat-saat memasuki dunia “tingkat akhir” dan sejarah sebelumnya :) | kakageniayasoka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s