Touring Pangandaran #3 : Green Canyon


Awal mendengar kata “Green Canyon” hampir saja ketuker dengan “Grand Canyon”. Dua-duanya sama-sama lembah, menakjubkan, dan indah…tapi Green Canyon ada lebihnya…Hijau!! (so..so ngebandingin padahal sekalipun belum pernah ke Grand Canyon…hehehe). Wisata di sana cuma liat-liat pemandangan pake perahu, gak ada yang special sebetulnya..tapi, orang2 pada bilang klo disana seru banget! Jadi penasaran… Kalo hari jumat bukanya mulai dari jam 13.00 sampe jam 16.00. kalo hari lain dari jam 08.00-16.00. tampaknya tidak terlalu istimewa…tapi ternyata…perkiraan gw salah besar!!!

green-canyon-1

Dan benar saja, tempat ini emang cukup favorit, baru datang jam 13.30, kami langsung dapet giliran perahu nomor 217-218….luar bisaa! Emang lagi “High Season” juga sih…wajar! Sambil menunggu giliran naik perahu, kami jalan-jalan mencari makan siang…cukup banyak warung,,,terutama deket terminal yang terletak persis di depan pintu masuk tempat ini. Makanannya bervariasi dari yang murah hingga yang mahal banget juga ada. Dari yang suasananya enak hingga menjijikan juga ada…komplit pokoknya! Kesel nunggu giliran akhirnya kami Foto-foto, dan “Ngegosip” ala cowok-cowok, hahaha. Ga ada kerjaan.

green-canyon-2

Setelah menunggu dengan sabar, akhirnya tiba pula giliran….naek perahu dengan suka cita! Horreee!!! Kamerapun tidak lupa disiapkan..untuk merekam indahnya ciptaan sang maha kuasa. Indaaaah banget. Nggak rugi lah! Sewa satu perahu seharga Rp 75.000 dengan kapasitas lima orang. Kami yang datang bersebelas jadi bingung,,,apa yang seorang digabung dengan yang lain??….eh ternyata…untuk kasus seperti itu, boleh berenam juga koq….baik juga mereka! Kita berlayar hingga hampir satu jam bolak-balik menyusuri muara sungai… ke arah hulu. Pemandangan sepanjang jalan….waw! berkali-kali berucap “Subhamallah” betapa cantiknya ciptanan tuhan yang satu ini. Kesannya daerahnya masih hutan, belum terjamah, dan alami. Dalemnya sungai bisa mencapai 4 meter (kayaknya sih gak ada buayanya). Untuk keselamatan, masing-masing penumpang dibekali dengan “Life Jacket”. kita bebas memotret sepuasnya dimanapun,,,

green-canyon-3

Ujung-ujung perjalanan kita tiba di suatu gua yang amat menakjubkan…tersusun atas karang-karang stalaktit-stalakmit yang masih aktif….kayak lagi hujan… pantas saja warga disana menamakan tempat ini dengan nama “ Cukang Taneuh”(Jembatan Tanah-Bhs Sunda). Diatas gua tersebut ada pohon-pohon gede! Ga terlalu panjang sih guanya,,,tapi dasyat banget!

green-canyon-4

Tepat di ujung gua ada sejenis air terjun (tepatnya bukan air terjun sih…pendek banget, 2 meter ada lah… ) itu di bawahnya dalem banget kayaknya, mengerikan!!! makanya pengawasan di sana emang ekstra hati-hati..banyak banget pengawas-pengawas..aman banget dijamin! Banyak batu karang…di depan batu karangnya itu, kita bisa berenang-renang …tapi….tapi…bayar!!! tambahan 75 rb. Baru boleh sepuasnya berenang ditempat itu….ya,,,sekali lagi kita berfikir,,,itu tidak mungkin!!! Akhirnya cuma foto-foto aja deh…nggak apa-apa lah…nggak nyesel juga udah berkunjung ke tempat yang cantik kayak gini…pas perjalanan pulang,kapal yang ditumpangi kehabisan bensin,,,ga jalan,,selama beberapa menit..pengennya sih kita-kita yang bantu ngedayung,,,itu kan kesempatan jarang! Tapi si emangnya kayaknya tidak rela kita ngedayung…lagian cuma ada dua dayungnya…akhirnya nempel dengan kapal lain,sampe akhirnya beli bensin dan jalan lagi secara normal…

Saatnya pulang…rencananya setelah ini mau ke pangandaran…tujuan terahir…apalagi klo bukan berburu Seafood…nyam-nyam-nyam,,,ngebayanginnya aja air liur serasa bercucuran…hahaha (lebay!)…kita kembali ke gerbang dan siap-siap ke tempat terakhir…..

To be continued….

2 thoughts on “Touring Pangandaran #3 : Green Canyon

  1. gus. kalo Tuhan. t nya huruf kapital ya.

    mantap2 gus. sayang g bisa berenang lbh lanjut di cukang taneuhnya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s