Capeknya Merancang Pabrik! (part#1)


Simulasi HYSYS pabrik Hidrogen dan carbon black dari flare gas…My masterpiece!

Inilah dia,,,,,,saat-saat paaaaaling menderita IN MY ENTIRE LIFE! (so far,,,😀 ) Nama mata kuliahnya adalah,,,,TK 4094 Perancangan Pabrik Kimia. Kita-kita sering nyebut “RP”… Tapi, karena itu pula, ini menjadi saat-saat paling berkesan di kampus, terutama saat tingkat-tingkat akhir…bener-bener tak terlupakan. waktunya sih hanya 3 bulan,,,tapi rasanya seperti 30 tahun!! karena detik demi detik saya nikmati betul-betul…lembar demi lembar laporan dihayati…. makanya berasa sangat lama! Bener lho….serasa merancang pebrik betulan….semua ilmu Teknik Kimia yang dipelajari dari mulai masuk hingga mau lulus nanti dipakai! Bahkan yang agak-agak advance pun terpaksa dipelajari….gila kan?!😯

Look!! How busy we are,,,it was in the TRK lab,,, we run our research and Plant Design simultanously,,,Crazy!!

Walaupun dikerjakan dalam kelompok, tapi load kerjanya tetep saja over! Soalnya Waktu pengerjaannya dibatasi. Kita hanya bisa merancang dalam waktu 3 bulan!  Bayangkan?! Buat pabrik itu gak mudah lho ternyata,,,selain bisa botak dengan segala jenis hitung-menghitung,,,kita juga bisa stress dengan segala urusan nonteknisnya….walah2,,,super duper gila! Dan yang memperparah lagi kegilaan saat RP itu adalah waktunya yang bersamaan dengan penelitian. Jadi nih ya,,,di TK ITB itu, Tugas akhir nya ada 3 macem…1 penelitian…waktunya biasanya setahun,,,tapi bisa fleksibel sebetulnya,,,ini nampaknya TA yang paling utama. Dikerjakan pas tahun terakhir dan diakhiri dengan seminar penelitian. Yang kedua adalah rancang pabrik ini, waktunya terbatas dan diakhiri pula dengan presentasi akhir (tapi Cuma ke coordinator) dan yang terakhir yang tidak kalah mengerikannya adalah ujian komprehensif. Ini yang menentukan apakah kita layak jadi sarjana Teknik Kimia atau tidak…diuji dengan mengerjakan 100 soal gabungan dari mulai tingkat satu hingga tingkat akhir. Hamper semua mata kuliah yang essensial ada. Soalnya betul2 dasar dan kadang mengecoh. Dikerjakan dari jam 8 hingga 16.30 dan tepat diumumkan sehari setelahnya yang dinamakan sidang sarjana….tahun terakhir ini akan menjadi tahun yang paaaaaaaling mengerikan dan paaaaaaling berkesan! Terutama pada masa-masa rancang pabrik….

tidur kadang sejam, kadang dua jam,,kadang tidak tdur sama sekali. demi RP!

Pertama kali yang paling menegangkan adalah pembagian kelompok. Sekelompok ada tiga orang yang komposisinya diacak. Setiap tahun berbeda-beda. Ada yang berdasarkan IP, ada yang berdasarkan absen, ada juga yang random. Ini penting lho,,sekalinya dapet kelompok yang bagus (orang2nya mau kerja) maka beruntunglah…dan merugilah mereka-mereka yang mendaatkan partner yang tidak cocok. Saya kebetulan dapet partner yang sangat bagus dan biasa2 saja😀 … Thx ya partner karena sudah menemani bergadang berhari-hari. Bukan hanya itu, mandipun bisa lupa hingga seminggu. Kalau makan tentu sangat tidak teratur. Kadang bolos matakuliah tertentu demi pengumpulan laporan karena dadline sudah diambang pintu.

Ahh,,,masa-masa itu,,,jadi kangen lagi. Kebetulan kami semua mengerjakan hamper bareng2 dengan kelompok lain di lab,,ya Lab TRK (teknik Reaksi Kimia dan Katalisis), rumah kedua kami. Siang2 di lab sibuk dengan penelitian, malam-malam totally berubah seperti barak pengungsian…laptop bertebaran dimana-mana. Kursi dosen dipake tidur. Meja dosen dipake meja makan. Kami pun tidak lupa membawa bantal dari kosan dan kasur lipat. Ngorok, ngiler dan tidur dimana saja adalah biasa…kami semua sudah tidak menghiraukan hal-hal seperti itu. Makan delivery hampir setiap malam. Bener-bener gak sehat! Hampir semua orang punya locker pribadi di lab. Semua kehidupan dikosan berpindah ke kampus karena urusan RP ini. Sebetulnya utamanya sih buat penelitian. Soalnya penelitian di lab kami tuh lama. Sekali run satu variasi ada yang sampai berpuluh-puluh jam. Tapi RP akhirnya mengikuti penelitian,,,dibawa-bawa ke lab deh jadinya!😡

Berat badan saat itu betul-betul turun drastic. 6 kilo!! Dalam 3 bulan. Padahal sebelumnya saja saya sudah kurus…malah tambah kurus saja. bener-bener deh,,,setiap hari, ada saja yang harus dikerjakan buat si RP ini. Stress dah jadinya….

One thought on “Capeknya Merancang Pabrik! (part#1)

  1. Pingback: Capeknya Merancang Pabrik! (Part #2) « HoeWorld

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s