Jangan Buang sampah sembarangan dong!!


Hari itu adalah hari yang cukup menyenangkan bagiku soalnya hari itu adalah hari keberangkatan liburan ke jogja bersama teman-teman lama (temen SMA)…padahal sih kerjaan masih menumpuk,,tapi ini momen yangs sangat jarang,,jadi harus nyempetin untuk ikut. Sepanjang perjalanan naek angkot menuju statsiun saya mengamati peristiwa yang sebetulnya bisa,,,tapi memang harus segera dihentikan,,,segera!! ya buang sampah semabarangan.

Sebagai mahasiswa (lebih tepatnya alumni) yang berdomisili di bandung, masalah sampah jelas bukan hal baru. Tumpukan-tumpukan sampah dipinggir jalan, pengolahan yang belum efektif dan tek-tek bengek tentang sampah sudah menjadi hal bisa yang kita lihat, alami dan rasakan. Saya akui memang Bandung ini agaknya cukup unik untuk ukuran kota besar dalam hal pengelolaan sampah, kotanya cantik secantik para mojang-mojangnya, orang-orangnya pun cukup berpendidikan. Namun, sayang sekali lingkungannya tidak seperti itu. Saya pun agak ragu,,,masih pantaskan gelar Parij van Java disandang Bandung?

Adalah seorang wanita muda yang naek angkot bersamaku menuju statsiun. Dia datang berdua dengan temen karibnya. Sepanjang jalan menuju stasiun, mereka berdua ngobrol dengan hebohnya, sampai-sampai muak saking males mendengarnya! Maklum cewek,,ngegosip udah menjadi agenda sehari-hari sampai gak peduli tempatnya dimana,,tak terkecuali tempat umum seperti angkot. Dari segi penampilan, saya akui memang cantik, berumur sekitar 21 tahunan lah dan kayaknya mahasiswa. Dari gaya ngomongnya  seperti orang Jakarta. Tidak hanya ngbrol ngalor-ngidul,,,itu cewek juga sambil ngemil dan bawa minuman isotonic terkenal (yang soundtrack iklannya lagu Great DJ, the Ting Tings).

Yang bikin geram dengan tingkah laku tu cewek adalah dengan cuekya dia buang sampah setelah minumannya habis.. plung aja!! Ke kolong korsi angkot! Trus tanpa ada sedikut raut muka malu-malunya,,,dasar cewek bodoh! dodol!! Padahal dia juga bawa tas…ya mbok masukin ke tasnya dulu kek..ntr kalo ada tong sampah baru buang! Gitu aja susah! (masih kesel nih). Astagfirullahaladzim…bukan benci dengan orangnya,,tapi gak suka dengan tingkah lakunya,,,ya mungkin saya juga wajib ngigetin sih,,tapi karena sudah kesel duluan,,,akhirnya cuma ngedumel di hati! Takut hilang kotrol,,jadi nafsu (pengen nonjok maksudnya).

Pernah denger cerita aseli dari kakak saya yang penah ke jepang selama sebulan. Saya betul betul tidak habis pikir dengan kedisiplinan orang jepang. Di jalan raya, tak ada satupun sampah yang berkeliaran…ini asli lho! Mereka sudah bisa dengan menyimpan sampah dulu di tas sendiri atau dibawa-bawa sebelum menemukan tong sampah. Buang sampah sembarangan disana adalah suatu aib besar! Harga diri jatuh sejatuh-jatuhnya jika ketahuan orang (lebay!) bahkan ada yg lebih gila lagi di jepang: seorang nenek yang membawa main anjingnya ke jalan raya, trus si anjingnya itu boker dijalan…dengan tidak malunya dan dengan tidak merasa jijik sama sekali si nenek yang baik itu mengambil tissue dari tasnya dan mengambil kotoran si anjing dan dimasukkan ke dalam tasnya, sampe akhirnya dia membuang di tempat sampah. Luarrr bisaa! Ini live lho…disaksikan secara langsung oleh kakak saya.

Saya sampai berfikir, apa sih yang membuat mereka bisa disiplin?? Banyak orang yang bilang: pendidikan! Disana memang pendidikannya maju. Lha di Indonesia,,banyak yang gak sekolah…wajar aja klo buang sampah sembarangan. Tapi ternyata tidak! Di Indonesia orang berpendidikan aja masih buang sampah sembarangan! dan gak tangung-tanggung ini dilakukan mahasiswa. pernah saya ngobrol dengan temen mahasiswa satu kampus. Trus dia makan snack sambil jalan…setelah selese makan dia buang aja dipinggir jalan. Dan dengan gampangnya dia bilang: nyate aja kali gus,,,ntar juga ada tukang sampah yang ngambilin! Ntar juga bersih! Buat apa kita bayar mahal-mahal kuliah…kalo si tukang kebersihannya diem aja. Betul-betul speechless mendengarnya. Orang berpendidikan aja seperti ini cara berfikirnya. Sangat pendek!

Duh..duh..duh…sangat pelik sekali masalah kesadaran ini. Dan bingung cara seperti apa yang efektif untuk diaplikasikan. Memang tidak semua orang seperti itu,,tapi saya yakin, mereka yang berfikiran pendek seperti itu masih sangat banyak! Bukti nyatanya Bandung masih seperti ini…belum cantik 100%! Ayolah teman-temanku,,,sodara-sodara sekalian,,,bapak-bapak, ibu-ibu, tidakkah kalian pengen hidup nyaman dan tentram,,,tidakkah merasa berdosa dengan tingkah laku ‘biasa’ itu. Padahal bisa jadi,,tindakan buang sampah sembarangan itu berkontribusi untuk kejadian banjir-banjir besar! Ato bahkan tragedi kemanusiaan seperti di leuwigajah. tolonglah untuk disiplin mulai dari hal-hal yang kecil…Let’s Save Our Earth!

2 thoughts on “Jangan Buang sampah sembarangan dong!!

  1. Beginilah repotnya persoalan kebersihan di Indonesia, bro. Bahkan di lingkungan mahasiswa ataupun alumni geologi yg notabene bisa disebut GEOsciencetist sekalipun msh ada yg suka buang sampah sembarang.

    Seringkali kita sering mengeluh pengelolaan kebersihan kepada pemerintah kota, tapi tanpa ada kesadaran dari seluruh warga maka keluhan itu tidak beralasan. Pemerintah yg baik lahir dari masyarakat yg baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s