My First Overseas Travelling


Emirates Airlines…oke lah!

Jadi teringat saat tingkat 1, saya punya dua mimpi yang ingin dicapai saat berstatus mahasiwa: Juara Nasional Sekali saja dan pergi ke luar negeri sekali saja. That’s it! Gw ga peduli untuk alasan apa pergi ke luar negeri-nya (asal jangan jadi TKI yg dibayar murah atau sejenisnya). Gw pengen ikut untuk ajang-ajang yang agak bergengsi seperti pertukaran pelajar, ikut conference, duta Indonesia, paper competition, research, atau apapun.  Begitupun dengan Juara 1 Nasional. Gak peduli lomba apa yang penting Juara 1 nasional tok! saya merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari penerima beastudi etos yang sejak awal sudah ditanamkan untuk membuat planning. Ya,,pembinaan pertama saya adalah megenai life planning, waktu itu dengan pembicara Pak Haru Suandaru (dulu beliau masih bersatus Mahasiswa S2 di SITH). Sejak saat itu, saya mulai merencanakan kehidupan hingga akhir hayat. Mulai dari bikin target harian, bulanan, 3 bulanan, tahunan, 5 tahunan, 10 tahunan, rekap amalan yaumian, dll. Karena masih tingkat 1, jadi semua serba wah dan tidak SMART (specific, Measurable, Achivable, Realistic, and Time line) hahaha. lebay lah pokoknya. Namun demikian 2 mimpi utama gue tadi masih gua inget…..selalu! dan itu gua piker tergolong SMART.

Untuk mencapai itu ada setidaknya ada dua cara. Ikut lomba (gratisan) atau pergi dengan duit sendiri. Haha. Maunya yang gratis dong! Sejak itu gua hobi mengikuti lomba (mulai dari artikel, penelitian, dan project). ajang yang pertama gw ikutin adalah PKM, itupun masih nebeng nama ke angkatan atas dengan sedikit membantu di ejaan dan presentasi. Tahun kedua gw ikut lagi, disitu mulai get involved, namun akhirnya gagal ke PIMNAS. Di tahun ke 3 ikut lagi PKM dan lebih buruk lagi…gak lolos didanai!  karena dendam gak lolos, gua coba ikut ajang lain yang penting bisa mengantarkan gua ke Ajang Nasional. Akhirnya lolos juga ke PIMNAS di 2008 dengan menjadi wakil Wilayah B (Jabar, Jateng, DIY, dan Kalimantan) di KKTM IPA. Pas di PIMNAS, gw kacau balau yang akhirnya pulang dengan tangan kosong tanpa mempersemabhkan medali buat ITB. Tahun ke-4 gua ikut lagi (masih penasaran), kali ini dengan cabang yang berbeda dg sebelumnya, PKMP. Gw akhirnya bisa sampai di PIMNAS dengan darah dan keringat…hahaha. Dan akhirnya bisa juara I juga….huhuhu. 3 tahun boy! Nyoba-nyoba terus dan gak lolos,,,huhu. Yeah,,,Mission’s accomplished!

Tidak seperti target pertama yang dikejar dengan high effort, target kedua gua (pergi ke luar negeri) agak-agak memble. Beberapa kali juga ikut lomba-lomba yang menjanjikan perjalanan ke luar negeri  (Bayer Eco Minds, Bayer Young environmental Envoy,Total Summer School, IELSP, dll) namun hasilnya kurang memuaskan. Tak ada satu pun yang sampai babak final, kebanyakan tidak tuntas. Betul-betul menyedihkan. Hingga tingkat 4 berakhir pun saya masih merasa menyesal, karena target kedua itu tidak kecapaian. Yasudah lah,,,ini yang terbaik buat gua kali ya,,,Allah maha tahu. Yang penting saya sudah mencoba, dan yakin semua yang sudah dicoba pasti tidak akan sia-sia.

Gak tahu dapet mimpi apa,,,setelah berita kemenangan kampus gw di PIMNAS tahun 2009, Kemahasiswaan kampus gw merasa perlu untuk mengapresiasi mahasiswanya dengan ‘hadiah istimewa’. Mereka-mereka yang menyumbang medali emas buat kampus diganjar dengan Jalan-jalan ke 3 negara. Wow!! Gua langsung kaget setengah mati. Gua tahu berita itu dari partner Lomba dengan tiba-tiba nge-SMS “ Gus, I’ve attended the meeting and your dream will come true”. Gila,,,saat itu juga gua senang luar biasa….Alhamdulillahhhhhhh…Allah betul-betul memperkenankan doa saya. Walaupun berkali-kali gagal mengikitu ajang-ajang internasional api dari ajang nasional juga gw malah diganjar jalan-jalan ke luar negeri…arghhhhh. Rasanya pengen teriak sekaras2nya. Walaupun Negara tetangga (Singapore, Malaysia dan Thailand), tapi tetap saja senang. Kita saat itu ada bersebelas dengan dikasih budget tertentu untuk mengunjungi 3 negar tersebut. kita harus arrage semuanya sendiri. ITB hanya menyediakan uang dan perizinan. Oke,,saat itu gw rajin tanya-tanya ke dosen mengenai beberapa tempat menarik dan edukatif di tiga negara tersebut. Berhari-hari berbulan-bulan mengurusnya (sebetulnya gak ngurus sih…yang ngurus semuanya hamper orang2 KM) kita hanya mempersiapkan passport, usul tempat2 menarik (research center, kampus, dll, seperti yang di amanatkan ITB) namun akhirnya mimpi itupun harus ditunda lagi,,,,,kenapa? Tiba-tiba ada berita bahwa yang boleh ikut hanya mereka-mereka yang berstatus mahasiswa,,,,Jreng!!! Yang sudah lulus tidak boleh ikut,,,,sekalipun dia alumni yang muda banget (baru lahir lah kalo diibaratkan bayi). Yaahhhhhh. Sudah dilobbi-lobbi namun keputusan dari WRM ITB tidak bisa diganggu gugat….yaudah deh,,,Good bye Singapore, Malaysia and Thailand…..kayanya 3 negara itu tidak ditakdirkan jadi  My First Overseas travelling…(kabar teakhir diketahui bahwa jalan-jalannya jedinya hanya ke Singapore saja…)

It’s Dubai Marina…The Largest Marina ever made…

So,,,when will my first overseas travelling come? Huhhhhh…mudah-mudahan suatu saat sekalian naek haji pikirku dalam hati. Tapi kurang asyik rasanya,,,naik haji tujuan utamanya adalah beribadah bukan untuk have fun, although hajj could be fun as well…hoho. Tapi,,,,tetap aja harapan itu masih ada. Gua tetep berharap dan berusaha supaya mimpi waktu tingkat 1 itu terwujud….Akhirnya, Allah mendengarkan doa gua. Kebetulan 2 bulan setelah gw kerja, ada training ke Dubai….waw! lumayan dong….walaupun kerjaannya kuli, tapi trainingnya di luar negeri lho….gile deh ni company….tapi,,insyaallah kerjaannya asyik…dan bisa have fun,,,,sambil build networking within company division from other country. Akhirnyaaaaaaaaaaa……..

gua masih ingin merasakan luasnya dunia!! dunia ini terlalu sempit jika kita hanya tinggal di Indonesia……Ayo kita keliling dunia!,,,,,,semua negara ingin gua kunjungi….Amiiin. semoga. Semoga. Pokoknya jangan pernah berhenti berharap…teruslah berusaha..karena Allah pasti akan mengabulkan doa kita,,,masalahnya hanya waktu saja…itu pasti!

6 thoughts on “My First Overseas Travelling

  1. Gus..the way you tell the story is so really natural..
    keep on moving gus..haha..

  2. wuiiiii kakak keren banget pperjlananya…mau ikutiiin donkk…saya juga etoser kak, saya etoser jakarta 2009…jadi hampir mirip sama kakak, life planning udaah ada tapi belum smart…mohon bimbingannya ya kak…
    ROHIB (+628990772981)

  3. hai rohib,,,salam ya buat temen2 etoser jakarta dr etoser bandung,,,hehe. oia, bagus tuh sudah biki life planning dr skrg, setidaknya sudah ada arahan apa yang ingin dicapai. buat aj se-SMART mungkin,,,cita-cita itu tidak kaku, bisa berubah seiring bertambahnya wawasan dan kedewasaan kita…ikuti saja yg sudah dibuat…🙂

  4. Subhanallah, sungguh besar & luas rezeki yang Allah berikan padamu ka Agus (Jangan lupa untuk terus bersyukur ya)🙂. Saya juga sudah mulai membuat target harian, bulanan, tahunan. Saya akan mencoba membuat target berdasarkan SMART, semoga Allah juga melimpahkan rezekinya pada saya & saya tetap menjadi orang yang senang bersyukur (amin)

  5. terima kasih sudah mengingatkan🙂 ayooo,,,mumpung masih tingkat 1, masi baaaaanyak kesempatan untuk berkarya banyak di kampus. sy juga kadang nyesel kenapa dulu ga begini dulu ga begitu,,,hehe. bergaullah dengan orang2 besar, orang2 sholeh, dan orang2 ‘cerdas’,,,,kita itu sedikit banyak ditentukan oleh dengan siapa kita bergaul. semangat ya🙂

Leave a Reply

