The Spectacular Dubai Fountain


Awesomeness of The Dubai Fountain (pic is taken from here)

Oke,,,ada hal menarik lainnya yang saya temui di Dubai. Yaaaa,,,The Dubai Fountain!! Sebuah air mancur yang bergerak (bergoyang), menembakan air serta memancarkan aneka lampu mengikuti alunan lagu. Pertama kali melihat, saya langsung terbengong-bengong. Seperti manusia purba yang pertama kali melihat laptop…haha. Gila!! Oke banget ni fountain,,,aneh…pernah denger juga dari temen, katanya Indonesia juga punya fountain seperti ini, di Grand Indonesia.  Tapi tentunya ini lebih menarik, bisa dipastikan soalnya mereka sendiri bilang kalau ini adalah the most spectacular fountain in the world…Tak percaya?? Datanglah kesini dan saksikan sendiri….

btw, ini video saya ambil sendiri lho…makanya hasilnya jelek… 😀😀  bagusnya memang lihat langsung saja. so, once coming here,,,Don’t ever miss it!

Tempatnya sangat strategis yakni di center of Downtown Dubai, UAE.  Berlokasi tepat di Fountain Lake, The Dubai Mall, tepat di bawah gedung tertinggi di dunia, The Burj Khalifa.  Tempat ini bener2 gila…ada gedung tertinggi di dunia, mallnya tergede se-dunia, fountainnya paling oke sedunia, di dalem mallnya ada Toko mas indoor tergede sedunia, ada single elevator terpanjang sedunia (140 lantai sekaligus), dan tercepat sedunia (10 m/s)… sumpah deh ini tempat, ga puas-puasnya nyabet rekor…Ahh,,,nampaknya ini bahasa marketing aja kali ya, supaya orang tambah terbengong-bengong dengannya:mrgreen: …whatever lah..pokoknya emang layak untuk ditonton. fountain ini mulai beraksi setiap 30 menit sekali dimulai dari pukul 6.00 hingga pukul 10 setiap harinya. Kecuali untuk week end, fountain ini bisa dinikmati hingga jam 12 malam. Lagu yang diputar berdurasi sekitar 3 menit  terdiri dari lagu-lagu klasik hingga lagu-lagu arab kontemporer. Ketinggian air yang mampu dicapai si fountain ini adalah 150 meter! Wow!!

ini juga saya ambil sendiri dengan jarak lebih dekat,,,tepat di balkon Lebanese restaurant, Abd el wahab, di Souk Al Bakhar..

Katanya sih, Fountain ini di design oleh WET Design, sebuah perusahaan berbasis di Califonia, USA, yang bertanggung jawab untuk pada pembuatan fountain serupa di Belagio Hotel, Las Vegas. Ukuran yang dibuat di dubai ini lebih besar 25 % daripada yang ada di Las Vegas. so,,,ga heran sih,,,jika mereka (orang2 Dubai) bilang,,,that’s the most spectacular one! …Fountain ini dilengkapi dengan 6.600 lampu, dan 25 colored projector yang terbentang sepanjang 275 meter  dengan 22.000 galon air yang disirkulasikan setiap waktu sejak pembutaannya diselesaikan pada tahun 2009.  fountain ini pertama kali dilauncing tepatnya pada 8 Mei 2009, bersamaan dengan opening ceremony The Dubai Mall. Pembuatannya sendiri menghabiskan 800 Juta Dirhams setara dengan USD 218 Juta. Kalau dihitung-hitung  Ini berarti setara dengan biaya pengeboran 44 sumur minyak (gw pernah ngebor sumur gt,,,budgetnya 5 juta USD) atau setara dengan hampir setengah kalinya kerugian negara akibat kasus Bank Century. It means, seandainya duit kerugian Bank Century tersebut bisa dihindari. Maka Indonesia bisa membangun 2 kali fountain sejenis. Gila!  Sebetulnya Indonesia juga mampu bikin yang kaya ginian….

Yahhh…selama korupsi masih merajalela,,, ga usah bermimpi punya fountain se-oke ini.

 

3 thoughts on “The Spectacular Dubai Fountain

  1. keren kan nur? hehe. Amiiin,,,tapi jangan menginjakkan kaki di fountain lake,,,ntr nyebur dong,,,haha.

    btw, sy juga pengen ke US neh,,,suatu saat saya pasti kesana. Amiin

  2. wow, sy pernah bc artikel klo Dubai memang “memanjakan” arsiteknya berkreasi memperindah kotanya, klo Indonesia “memanjakan” siapa y? hehe, semoga sy bisa ikut juga melihat kemegahan kota Dubai (amin), hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s