Must Visit Culinary Spot in Cepu


Sucker Rod in Cepu.

Alhamdulillairabbil ‘alamiin, sudah dua kali saya dikirim ke field Semanggi di Cepu, Blora, Jawa Tengah. Dari kedua trip itu dua-duanya nampak ada masalah dengan catering. Biasanya untuk urusan makanan, Rig adalah tempat yang lumayan enak, selain sudah pasti gizinya seimbang, kokinya juga oke biasanya. Tapi nampaknya itu tidak saya rasakan di beberapa trip teakhir. Ya sudah lah, bosen kan kalau makan enak terus. Sekali-sekali gak enak kan gak apa-apa:mrgreen: . Atas dasar kekecewaan kami, maka beberapa orang mulai cari pelampiasan. Saat hidangan yang disajikan nampak ‘kurang menggairahkan’ maka beberapa dari kami pergi ke Kota. Surprisingly, ternyata cukup banyak makanan enak disana. Saya tidak habis pikir lho. Awalnya saya juga tidak menyangka ada makanan seenak itu. Oke, saya bahas satu per satu ya🙂 .

Lontong Kapuan

Lontong Kapuan

Jika Anda doyan makanan bersantan (seperti saya) maka tempat yang paling tidak boleh dilewatkan adalah “ Lontong Kapuan”. Lokasinya sekitar 10 Km dari pusat Kota Cepu menuju calon lapangan terbang yang konon katanya akan dibangun oleh ExxonMobil. Letaknya di desa Kapuan di Jalan lapangan terbang. Nama tempat makannya OPOR AYAM NGLORAM IS PANGAT. Tidak mengerti maksudnya itu apa. Nampak dari luar seperti kurang meyakinkan soalnya tempatnya berupa gubuk, tapi ternyata dalemannya PW juga, ada banyak tempat duduk dan ada TV yang menyiarkan lagu-lagu jawa.

Jadi begini kira-kira, Ayamnya itu ayam kampung yang digodog sampai benar-benar empuk, santennya juga banyak dan superr duperr maknyuss disertai cabek putih bulet (langsung diceplungin aja tuh cabek). Rasanya gurih empuk dengan komposisi santan yang mantap dan ada sensai pedassnya itu loh. Passs banget! Ahh, saya sampai berkali-kali kesana dan membungkus pas pulang. Kalau jadwalnya makan siang, jangan harap dapet kursi, soalnya banyaaaaak banget pengunjung (bermobil-mobil bahkan) dan ngantri. Oia, harganya cukup terjangkau. Ayamnya doang Rp. 8000, lontongnya Rp.1000 kalau ga salah. Menurut saya, ini adalah opor terenak yang pernah dicoba dan berhasil mengalahkan enaknya opor lebaran buatan nenek saya:mrgreen: . Strongly Recommended!

Ayam Keremess

Ayam Keremess

Ini juga katanya terkenal, walaupun ga seterkenal si lontong itu. Tempatnya di sebuah rumah makan (namanya lupa lagi) di depan Taman Seribu Lampu beberapa meter di samping Millenium Café (Club malam gt deh,,,:p ).  Sama, katanya ini juga ayam kampung (ayam kampung emang selalu enak!) yang dibalut tepung garing renyah dengan daging empuk bersensasi mentega gurih. Mak, kriuk-kriuknya itu loh yang bikin ketagihan. Warna dagingnya itu lebih kuning dari biasanya dan tidak alot. Susah sih dideskripsikan dengan kata-kata. Mesti coba sendiri. Seperti biasa, saya kesana beberapa kali dan sampai ngebungkus juga. harganya lupa tepatnya. dibawah Rp. 15.000 kok!

Rawon Bu Hj. Xxxxx (lupa lagi namanya)

Rawon dasyat!

Ini Juga tak kalah enak. Lokasinya tak jauh dari alun-alun Kota Blora. Sekitar 100 meteran lah. Awalnya juga saya tampak gak senang dengan tampilannya. ya seperti biasa kalau di Jawa, nasi ama rawonnya suka dicampur dalam satu wadah, jadi nampak berantakan dan tidak cantik😆 . Saya emang kurang suka  jika makanan yang berkuah (soto, rawon, dll) dicampurin langsung dengan nasi dalam satu wadah. Harus dipisah, biar tampak enak saja. Tapi ternyata walaupun begitu, yang ini enak luar biasa! Lagi-lagi saya tertipu dengan penampilan. Haha. Si dagingnya itu empuk mantaff dengan sensasi manis menggoda. Maklum orang-orang jawa katanya sih suka makanan agak-agak manis. Dagingnya banyak, ada jeroannya pula, enak deh. Wajib nyoba kalau kesana!

Sate Alun-Alun Blora

Sate Blora!

Yah, Blora memang terkenla dengan satenya. Dan rasanya gak lengkap aja gitu kalau berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khasnya. Untuk itu sebelum pulang, temen-temen Mud logger mengajak untuk kesana. Dan ternyata gak salah, satenya enak sodara-sodara! Gak nyesel. Disitu ada beberapa warung sate. Mungkin ada 7 kali ya, ada yang jual sate ayam aja, kambing aja dan ada yang jual dua-duanya. Dan semuanya terkenal! Jadi saya cari warung yang agak kosong aja waktu itu. Di banding dengan sate-sate yang pernah saya coba ini emang jauh lebih enak. Ya bumbunya, ya satenya, ya kuahnya. Pas banget! wajib dicoba juga😀

Sebetulnya masih ada beberapa yang belum kesampaian. katanya masih ada bebek goseng yang mantaff juga disana, namun sayang sekali bukanya malem saja, tentunya ga mungkin saya bisa mencicipi, mengingat disana saya hidup sepeti kalong which is malam adalah waktu untuk bekerja.

Well, Sekian dulu petualangan kuliner saya di kota minyak di Jawa ini. Yah, walaupun senang wisata kuliner, tapi tak lantas membuat saya naik berat badan dalam waktu cepat. Justru saya beruntung, jadi bisa makan sepuasnya, sebanyak apapun dan kapanpun tapi harus stress dengan berat badan:mrgreen: .

2 thoughts on “Must Visit Culinary Spot in Cepu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s