Totco Survey


Seperti biasa, kalau dapet sesuatu yang baru, mesti di post di blog. Hehe. Ya biar ketika lupa bisa dibaca lagi atau lebih jauh lagi bisa sharing-sharing info dengan yang lain. hehe

Alright, saat ini saya menemukan hal yang baru tentang suatu alat bernama “totco”. Pertama kali mendengar itu saat job di Cepu beberapa bulan yang lalu. Saat itu sedang ngebor top hole, eh,,nggak deng, section 17.5 inch. Hehe. Oia, karena floor nya miring dan gak center dengan BOP, jadinya kita-kita hampir nabrak sumur sebelah. Kita tahu itu karena setelah cutting yang keluar berupa cement. ː̗̀(☉.☉) ː̖́ oh ,,,wait…. Seketika semua orang pada bengong dan akhirnya sadar kalau itu berasal dari semen sumur sebelah…hahahaha. Kocak banget! Ya maklum, dulu ngebor sumur yang kedua which is jaraknya gak terlalu jauh. 5 meter ada kali ya (yang gak wajar ya rig nya ‎​┌п┐►_◄┌п┐, we were in danger, you know!),,,oke, abis itu dicoba drop “totco” untuk tahu kemiringan sumur yang sedang di bor. Nah, itulah kali pertama saya mendengar kata itu, sekarang ketemu lagi dan bertanyalah saya pada driller dan tool pusher tentang alat itu, cara kerjanya gimana, pasangnya gimana, dll.

Jadi, totco itu adalah sederhananya disebut sebagai “deviation survey” – alat yang digunakan untuk mengukur kemiringan lubang dari vertical dalam satuan derajat. Alatnya simpel banget, kaya kompas yang tetap vertical apapun yang terjadi. Alat dimasukan ke dalam tabung, tabung lantas dimasukan lagi ke dalam tabung yang lebih panjang, dieratkan dan akhirnya di drop ke dalam string. Oia, sebelum di drop, si totco nya di set suapaya bisa nempak arahnya menit tertentu, tinggal di set. Simpel kan? Abis itu, saat string nya dicabut, baru deh di lihat,,arahnya berapa derajat tuh lubang,,,yuhuuu -(‾▿‾)/ \(‾▿‾)-

Nah,,ini nih yg namanya totco

Nah,,ini nih yg namanya totco

ini tabung yang lebih panjang,

tabung pendek dimasukan ke dalam yang panjang, lantas dieratkan

dan buru-buru dimasukkan ke dalam string…sebelum dia nembak.

 

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “Totco Survey

  1. Waduh mas Pandji,,,,sepertinya ini alat tidak djual bebas di toko kelontong atau toko besi atau toko bangunan. harus langsung ke Manufacturer nya….kalau ga salah Totco itu emang nama perusahaan gt deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s