What to Do in Mumbai


Mumbai?

It’s home of Bollywood. Pusat bisnis dan hiburan India. Dunia malam paling fabulous se-India. Tempat berbasisnya para konglomerat dan artis-artis India. Kota paling besar dan paling padet (jauh lebih gede dan padet dari Jakarta). Salah satu kawasan kumuh paling luas di dunia. Udara kotor, kalau lagi kemarau berdebu. Kalau lagi hujan becek. Lalu-lintas kacau, klakson super berisik. Banyak scams. Kota favorit warga India (bahkan banyak warga Nepal) untuk mengadu nasib. Biaya hidup mahal. Apalagi ya? 🙄

Menurut saya, Mumbai bukan tempat wisata.

Top tourist destination-nya India kebanyakan di sekitar Agra, Delhi dan Jaipur. Kalau mau ke sana perlu naik pesawat 2 jam dari Mumbai. Bagi yang suka wisata alam, Jammu and Kashmir, Himachal pradesh adalah salas satu destinasi wisata alam India yang terkenal.

Tapi jangan salah ya gaes, ada juga tempat-tempat hits yang perlu dicoba di Mumbai. Bagi saya berkunjung ke tempat yang baru selalu menyenangkan 🙂 . Bukan melulu tentang tempat yang cantik dan pemandangan oke, terkadang interaksi dengan warga-nya yang menurut saya bisa menjadi pengalaman seru, disamping bisa mencoba hal baru yang tidak ditemukan di tempat lain. So, Mumbai is definitely worth a visit!

Kalau kebetulan sedang di Mumbai dan perlu referensi tempat piknik, Saya merekomendasikan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini:

1. Gateway of India

20161008_152253.jpg
Gateway of India

Tempat ini paling banyak dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara dan tidak ada tiket masuk alias GRATIS. Tapi, kalau mau masuk kawasan ini, ada scanner, jadi semua barang bawaan kita akan dicek. Kita juga akan di ‘raba-raba’ oleh petugas security nya 😆 . Jalur masuk cewek ama cowok di pisah kok, tenang 🙂 .

Asik nya ngapain disana? foto-foto aja 🙂 Iya, gak ada hal lain yang menyenangkan selain selfie! Hati-hati di tempat ini banyak sekali jasa tukang foto on the spot (apa ya istilahnya?). Kadang sedikit maksa.

Anyway, monumen ini dibangun pada tahun 1924 untuk mengenang kunjungan pertama King George V dan Queen Mary yang mana India sempat menjadi jajahannya Inggris waktu itu. Zaman dulu, area tersebut adalah pelabuhan paling penting dan ramai sehingga jikalau ada orang asing pertama kali menginjakan kaki di India, disambut oleh monumen tersebut. Oia, bangunannya cukup bagus, cukup terawat dan aura klasik nya masih terasa.

2. Taj Mahal Palace Hotel

20161101_115945.jpg
Taj Mahal Palace Hotel

Ini bukan Taj Mahal yang di Agra ya. Yang ini ini namanya Taj Mahal Palace. Lokasinya berdekatan dengan Gateway of India. Ini hotel bintang lima yang dibangun awal abad 19 oleh TATA corporation. Kabar beredar bahwa TATA membangun ini setelah sempat ditolak ketika hendak memasuki hotel yang hanya diperuntukan untuk orang-orang kulit putih. Ouch, sakitnya tuh disini. 

Bangunannya masih terawat dan sangat klasik. Memang, daerah sekitar Colaba ini banyak sekali heritage building yang dijadikan kantor dan semuanya masih terawat. Daerah ini juga kawasan elit di Mumbai yang tentunya jauh lebih bersih dan nyaman dibanding daerah lainnya. Enak deh pokoknya 😉

3. Chhatrapaji Shivaji Maharaj Vastu Manghalaya

20161101_121357
Museum Mumbai

Dulu tempat ini bernama Prince of Wales Museum of Western India. I’m not really a museum kind of person sebenernya, jadi kurang faham dan tidak bisa banyak berkomentar. Buat orang awam kaya saya, tempat ini worth it dan berhubung jaraknya dekat dari dua tempat sebelumnya, tidak ada salahnya untuk dicoba, kan 😉 .

20161101_131438
Mas-Mas Ganesha

Koleksinya menurut saya cukup lengkap. Isinya ada patung-patung dewa wisnu, shiva, ganesha, dewi lakshmi, dll. Ada juga ukiran-ukiran, kemamik-keramik kuno dan koleksi lukisan. Semuanya berasal dari mulai jaman pra-sejarah India hingga beberapa ratus tahun ke belakang.

Saya sarankan untuk meminjam audio guide di reception museum. Cuma dengan menukar identitas (bisa juga kunci hotel), kita dikasih pinjam audio set dengan beberapa bahasa. Di setiap benda ada nomornya, nah kita tinggal pencet nomor itu dan ada penjelasan mengenai sejarahnya. Lumayan nambah wawasan.

4. Chhatrapati Shivaji Terminus (CST)

2016-11-01 07.39.39 1.jpg
Pemandangan Victoria Terminus di Sore hari. Cantik!

Tempatnya keren menurut saya. Berada di tempat ini rasanya seperti berasa di Eropa untuk sesaat. Ini adalah salah satu bangunan di Mumbai yang merupakan UNESCO world heritage site. Best view nya adalah saat sore hari, saat sinar matahari menyorot langsung dan membuat gedung ini tampak mewah dan berwarna keemasan. Kalau pagi, biasanya backlight. Bangunan bergaya victoria dengan sentuhan bangunan mughal tradisional ini dibangun abad ke-18 saat India masih diduduki oleh Inggris. Sekarang jadi kantornya Mumbai Central Railway Station. Tepat di pinggir gedung ini ada stasiun paling sibuk di Mumbai yang melayani rute jauh maupun commuter.

20161007_083241.jpg
Another heritage building next to CST. It’s now Municipal Corporation Building

Oia, pernah suatu hari iseng naek kereta dari CST ke Andheri, yang jaraknya sekitar 40 km. Hmmh, padet luar biasa. Awal-awal memang kosong, makin lama makin padet dan pas turun susah banget dan dorong-dorongannya cukup sadis. Berdesakan melebihi padetnya mudik atau antri sembako. Banyarnya murah sih, cm 10 rupee (Rp 2000) :mrgreen:

Sebaiknya jangan tergoda untuk mencoba kereta jarak dekat di India. Saya ulangi, JANGAN PERNAH. Tapi, seru juga sih nyoba hal-hal semacam begini 🙂 .

5. Marine Drive

2016-10-09 03.42.56 1.jpg
Marine Drive

Kawasan bisnis di Mumbai ini tempat yang oke buat nongkrong, terutama sore menjelang malam. Kalau siang, panas nya ampun-ampunan brooo. Selain konkow, banyak orang jogging disekitar situ karena emang nyaman dan bersih. Jalanan nya juga rapi, walaupun sedikit macet. Tempat ini juga kadang dijadikan tempat syuting sinetron-sinetron bollywood katanya. Sering-sering maen kesini aja ya, siapa tahu ketemu Kajol 😳 .

20161008_164524_001.jpg
Jalanan di Marine Drive
20161008_140121.jpg
Bandra-Worli Sea link

Kalau tinggal di suburb Mumbai dan mau jalan-jalan di Marine Drive sebaiknya datang lewat Bandra-Worli Sea Link, toll di atas laut yang menghubungkan Bandra (sub-urb Mumbai) dengan Worli (deket Marine Drive). Kalau lewat jalur biasa, pasti macet dan lama. Keren juga sih menurut saya, megah banget toll nya.

6. Haji Ali Dargah

20161101_154652
Gerbang Menuju Haji Ali Dargah

Tempat ini sebenernya bukan tempat wisata, lebih tepat disebut tempat ziarah yang terdiri dari mesjid dan kuburan yang dianggap keramat oleh muslim Mumbai. Sebaiknya tidak mengunjungi tempat ini pada bulan Ramadhan atau hari-hari penting umat Islam (semacam hari asyura, dll). Padet banget masyaallah 🙄 .

Kalau kata mamang Wikipedia, konon jaman dulu, ceritanya ada seorang saudagar dermawan dan sakti bernama Sayyed Peer Haji Ali Shah Bukhari yang meninggalkan seluruh kekayaannya untuk pergi ke tanah suci. Namun, beliau meninggal di perjalanan dan sebelumnya meminta para pengikutnya untuk meletakan peti dan jasadnya ke Laut Arab (sebelah barat Mumbai), namun malah kembali terdampar di sekitar batu karang 500 m di lepas pantai Worli. Di sana lah dibangun mesjid dan kuburan beliau di tahun 1431.

Btw, bangunananya bagus sebenarnya, terbuat dari marmer. Semuanya. Namun, berhubung pemeliharaannya kurang baik, disamping pengunjung yang juga membludak setiap harinya, jadinya terlihat biasa aja.

20161101_154800
Jalan utama dari Haji Ali Dargah ke Kota Mumbai

Sepanjang jalan disana, banyak pengemis dan pedagang. Kadang mereka maksa sampai tarik-tarik tangan (duh pak semangat amat ya berjualan 🙄 ). Hati-hati dompet ya gaes. sepanjang ke sana saya ga berehenti pegang dompet takut kenapa-napa.

Di pinggirnya ada juice center. Cukup favorit, namun entahlah saya agak kurang selera. Selain tempatnya becek juga kelihatan kurang higienis. Hmm, nggak deh, makasih. Tapi kalau emang haus banget, ada yang lebih bersih, namanya ‘Haji Ali juice Center’, kaya bar gitu, cuma mahal harganya.

20161101_153220.jpg
Juice Center

7. Juhu Beach

20161016_163754.jpg
Juhu Beach Cowpatti

Juhu beach adalah kawasan tempat bermukimnya bintang-bintang bollywood semisal Amitabh Bhachan, Aishwarya Ray, Kajol, Hrithik Rosan, Akhsay Kumar, dll (you name it!). Sharukh Khan dan Salman khan tinggalnya di daerah Bandra, deket Juhu. dan artis favorit saya, Priyanka Chopra tinggalnya di Andheri 😳 . Oia, di Juhu banyak sekali hotel-hotel dan apartemen mewah. Pantainya menurut saya biasa aja, apalagi kalau pernah jalan-jalan ke pantai cantik semaacam Pink Beach, Ngurtavur, dll. Hmm, lewat deh!

Ngomong-ngomong ya, itu rumah Amitabh Batchan setiap hari selalu padet. Katanya beliau dianggap seperti national hero. Tokoh kesayangan warga India. Sepulangnya dari Juhu beach, saya lewat sebuah rumah besar dan ramai dengan orang-orang. Saya sampai menyangka “ada demo apa ya ini?” saat lewat jalanan situ. Sopir taxi bilang itu rumah beliau dan ternyata emang tiap hari begitu. Gila ya bro! 😯 . Semoga beliau selalu sehat-sehat ya.

8. Sanjay-Gandhi National Park

20161011_092413
Sungai di Sanjay-Gandhi National Park

Gak nyangka ya ditengah kota mumbai ada national park. Kalau mulai bosan dengan hiruk pikuk kota, saya sarankan untuk sesekali menghirup udara segar di taman national ini. Pas libur, banyak warga Mumbai yang sekedar jogging atau piknik santai bareng keluarga. di sini juga bisa liat secara langsung hewan-hewan semacam monyet dan rusa. Katanya sih ada harimau juga. Kalau suka main ke goa, di tempat ini juga ada goa terkenal bernama Kanheri cave, cuma perlu naik bis dan bayar sekitar 40 rupee saja. Waktu itu gak sempet kesana, cuma jalan-jalan santai saja.

20161011_100710.jpg
Dussehra celebration oleh warga-warga sekitar Taman National

9. Jalan-jalan ke Mall dan Pub

Menurut saya pribadi, no offense, Mall di mumbai tidak se-fancy mall di Jakarta. Mall terbilang besar diantaranya R-city, Phoenix Marketcity, Palladium dan Oberoi mall. Kata orang-orang juga, pub disini happening banget, kataya dunia malam nya mumbai itu paling hits se-India. Berhubung saya ga suka nge-pub dan teman-teman saya nya juga ga doyan (kami anak sholeh, akhyy 😉 ) Jadi kami hanya maen disekitaran mall.

Orang orang sini pada doyan minum, jadi anak-anak mudanya, kadang bos gue yang agak tua juga, suka ke Pubs. Saya pernah sekali ke Mall Paladium (High Street Pheonix ) di lantai atasnya ada pubs, Socials, lumayan lah bisa minum-minum.

10. Festival-festival di India, terutama Ganesh Chchatturthi

Festival di India merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Seru! Banyak warga negara asing yang sengaja ke India hanya untuk melihat langsung. Festival itu emang hari besar Hindu, tapi orang India umumnya senang merayakan dengan tari-tari, musik, lampu2, tabur2an tepung berwarna, dsb tergantung jenis festivalnya. Festival paling rame di Mumbai itu namanya Ganesh Chatturti, dijamin paling rame se-antero India. Daerah India lain mungkin sekedar doa-doa aja, di Mumbai sampai gila banget. Kalau skejulnya pas, jangan coba lewatkan yahh 🙂

20161011_204304.jpg
Pawai warga saat Diwali festival

Waktu kesana, saya melihat dua festival; Diwali dan Dussehra. Kalau di Mumbai kurang festive dibanding daerah selatan. Diwali itu semacam lebaran nya orang Hindu India. biasanya mereka di rumah menghabiskan waktu bersama keluarga. Rumah dihias lampu. berdoa. Saling kasih hadiah.

Kalau di daerah hotel tempat saya tinggal, Andheri East, warga biasanya pawai pake truk besar sambil bawa patung dewa-dewa dan setel musik super keras. Yang perempuan pada pake sari di belakang truk sambil nari-nari, yang laki-laki ngiktin dibelakangnya, nari-nari juga 😯 . Hmm, sumpah ya mereka jago banget macam di film-film. Kadang mikir, jangan-jangan bayi baru brojol aja udah jago nari kayanya :mrgreen: . Salute deh ama mereka, seru abis.

Lain-lain:

Ada Film City dan Elephanta Cave. Belum sempat tereksplore, insyaallah kalau ada waktu, mau banget kesana.

Seru kaaan Mumbai. Jangan lupa Piknik ya gaes biar otak ga error :mrgreen: .

Jai, maharashtra!

4 thoughts on “What to Do in Mumbai

  1. O my god ini seru bgt

  2. Yoi San, Kalau kesana lagi, sempatkan ke Mumbai, 🙂 ,

  3. Wah kirain ke India nya baru mau bulan maret besok, ternyata malah sudah pernah kesana sebelumnya. Saya belum sempat mampir nih ke Mumbai dan sekitaran Maharashtra. Mungkin nanti kalau ke India, pengen eksplor sekitaran situ. Termasuk beberapa daerah lainnya, seperti Hampi di Karnataka, atau juga negara bagian Kerala.

    Salam kenal yaaa,
    BaRT …

  4. Salam kenal mas Bart,

    Saya blog-walking belakangan ini dan terdampar di blognya mas Bart, bagus banget blognya dan sangat bermanfaat. Makasih loh ya, saya jadi semangat solo travel kesana.

    Btw, Saya lg Job di Mumbai sekarang, tp kalau off pulang lagi ke Indonesia. Mumbai ya gitu aja, tipikal kota-kota gede India. yang travelnya bentar, biasanya jarang yang niat kesini. hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close