Bingung Pilih ke Pangong Tso atau Tso Moriri? Simak ini dulu gaes!


Semenjak solo backpack ke Ladakh, ada banyak orang yang nge-message ke instagram saya tentang travel di sana. Karena rata-rata memang waktunya mereka terbatas, jadi banyak yang bingung milih, mending ke Pangong Tso atau Tso Moriri? Sebetulnya ini pilihan yang berat ya, karena dua-duanya bagus. Namun kalau suruh milih satu, pilih mana? πŸ™‚

Saya coba kasih beberapa pertimbangan ya gaes, silakan disimak πŸ™‚ .

Keindahan Alam

Dari segi keindahan alam, Pangong Tso menurut saya lebih bagus. Landscape-nya lebih dramatis. Warna gunungnya cokelat cerah, warna air danaunya biru, apalagi kalau langitnya juga cerah. Danaunya juga memanjang. 30%-nya bahkan masuk wilayah China. Sayangnya kita gak bisa masuk ke wilayah itu karena perbatasan memang selalu rawan. Ada beberapa Army-base di sekitar itu. Bagusnya lagi, jalannya mulus dan banyak lewat perbukitan pinggir jurang. Jadi, view-nya lebih grande, majestic gitulah, yang cuma bisa dirasakan dengan melihat dan merasakan langsung. Kadang kalau lihat-lihat lagi gambarnya pas di rumah, terasa biasanya aja. Padahal, waktu disana kok wow banget.

Altitude (Ketinggian)

Tso Moriri, jelas lebih tinggi. Bahkan katanya, danau ini adalah danau tertinggi di Indian Sub-continent. Konsekuensinya, kalian akan lebih rawan terkena AMS kalau tidak cukup teraklimatisasi. Danau ini juga jelas lebih dingin. Parah banget deh. Tapi jangan jiper ya, semuanya bisa di-manage kok kalau persiapannya bagus. Trust me

Rute Perjalanan

Rute ke Pangong Tso dan Tso Moriri beserta jarak tempuhnya (pic was taken from here)

Perjalanan ke dua danau itu memang melelahkan, tapi worth it kok. Anyway, kalau rute perjalanan kalian berawal dan berakhir di Leh, maka ke Pangong Tso jelas lebih nyaman. Namun, jika berencana pulang lewat jalur lain, seperti saya waktu itu, pulangnya lewat Manali (gak balik lagi ke Leh) lalu lanjut ke Delhi, maka, Tso Moriri sebaiknya jangan dilewatkan. Serius! Lihat peta deh, dari Baralacha La ke Manali sekitar 190 km, sementara kalau ke Leh, 280 km. Namun perlu tiga hari kalau mau ke Delhi lewat Manali.

Kira-kira seperti ini:

Day 1 : Leh – Chumtang – Tso Moriri (Stay overnight di Tso Moriri)

Day 2 : Tso Moriri – Tso Kar – La Chung La – Baralacha La – Keylong (Stay overnight di keylong)

Day 3: Keylong – Rohtang Pass – Manali (maen bentar di Vashist Waterfall, lalu tidur di bus sambil ke Delhi)

Day 4: Delhi – Mumbai (pesawat gue dari Mumbai)

Sepertinya perlu post terpisah ya, untuk bahas overland Leh-Manali ini. Insyallah kalau waktu ya gaes.

Kondisi Jalan

Kondisi jalan ke Pangong Tso secara umum lebih bagus dibanding ke Tso Moriri. Jalannya sudah di hotmix, sedikit sekali jalan yang masih tanah, paling di sekitar Chang La saja. Sedangkan Tso moriri, ada sebagian jalan yang masih bumpy dan berdebu, terutama sepanjang pinggiran sungai Indus dari Kumdok sampai Chumtang (lihat peta), karena berbatu dan mayoritas jalan tanah. Tapi, seru cuyy! Kalau view sepanjang perjalanan, menurut saya hampir sama.

Bandingkan dengan Jalan ke Pangong Tso

Popularitas

Pangong Tso lebih touristy dibanding Tso Moriri, mungkin karena pengaruh film 3-Idiots nya Aamir Khan kali ya. Banyak embel-embel 3-idiots pokoknya, jadi kaya di taman bermain. Tapi tenang, banyak spot sepi juga di Pangong Tso. Kontras sekali dengan Tso Moriri yang jauh lebih sepi, sehingga tempat ini sangat cocok bagi yang suka travelling selow. Turist lokal lebih banyak yang ke Pangong Tso, turis asing cenderung ke Tso Moriri.

Ternak domba di pinggir Tso Moriri. Lihat deh, Sepi πŸ™‚
Sore-Sore di Tso Moriri

Sekian pertimbangan-pertimbangan untuk kedua danau eksotis di Himalaya ini. Semoga gak bingung ya. πŸ™‚

But, again, kalau bisa kunjungi dua-duanya sajah :mrgreen:

4 thoughts on “Bingung Pilih ke Pangong Tso atau Tso Moriri? Simak ini dulu gaes!

  1. Wah seru nih tulisannya. Karena emang banyak yang punya tujuan utama ke Pangong, dan tiba-tiba melirik Tso Moriri, terus malah jadi bingung.
    I’m kind of #TeamTsoMoriri by the way.

    Salam kenal Mas Agus.

  2. Makasih Mas Bardiq,
    iya kadang bikin bingung. aku sih #TimPangongTso πŸ˜†

    Anyway. keren banget blog nya..ntr aku tanya2 ya klo mau ke scandinavia :))

  3. Siaap Mas, feel free. πŸ˜€

  4. Halo Mas Agus. Maaf baru bales, aku kira udah aku bales, eh ternyata belum. Hahahaha.

    Iya mas, feel free to ask. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close